Minggu, 10 Maret 2013

KEBUDAYAAN BANDUNG


Rabu, 24 Maret 2010

Kota Bandung

Bandung memiliki suatu kebudayaan tersendiri yang di sebut dengan kebudayaan Sunda. Nah sebelum membahas Kebudayaan Bandung.Kata “Budaya berasal dari bahasa sansekerta budhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti “budi” dan “akal”.Kebudayaan itu diartikan sendiri sebagai hal – hal yang berkaitan dengan budi atau akal.
Menurut E.B.Taylor (1871) mengatakan bahwa kebudayan adalah ompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hokum, adapt istiadat, kemampuan dan kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.Sesungguhnya kebudayaan mencakup semua yang didapatkan dan dipeajari dari pola – pola perilaku normatif artinya mencakup segala cara atau pla piker, merasakan dan bertindak.
Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Nah kita sudah tahu kan pengertian dari kebudayaan itu sendiri. Sekarang mari kita kenalan dengan kebudayaan Sunda. Sunda berasal dari hasil kawin-mawin antar-etnis dan bangsa di masa lalu. Secara biologis, mereka yang mengaku sebagai orang Sunda adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa.Menurut garis besarnya, wilayah Budaya Sunda dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Sunda Tengah atau Sunda Kota dan Sunda Pinggiran.Untuk Sukunya, ada suku Sunda, bahasa di Bandung, di dominasi oleh bahasa Sunda.
Namun, kalo sekarang lebih banyak sih pake bahasa indonesia, atau buat anak mudanya mempergunakan bahasa gaul. Intinya, meskipun perkembangan zaman semakin maju. Masih ada masyarakat yang mempertahankan keaslian dari budaya Sunda, lewat kampung Sunda, itu semua di lestarikan. Semoga kelak nantinya budaya di Bandung tidak hilang. Oleh karena itu mari kita sama – sama menjaga dan melestarikan kebudayaan kota Bandung.
Gedung Sate sering disebut sebagai pusat dari kota Bandung.Berada di Bandung, dekat dengan Gedung Merdeka, dan Museum Biologi.Gedung sate mulai dibangun pada bulan September 1960.Keseluruhan bangunan Gedung Sate dirancang oleh para arsitek Indonesia yaitu Soedarsono, Frederich Silaban dan Ir. Rooseno. Pada tanggal 17 Agustus 1951, Gedung sate diresmikan oleh Bupati Ira.Kusuma Dua. Dan mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 12 Juli 1975.
Sedangkan wilayah taman hutan kota di sekitar Gedung sate dahulu dikenal dengan nama Lapangan Gasebo.Kemudian sempat berubah nama beberapa kali menjadi lapangan Merdeka kemudian berubah menjadi taman Gedung sate.Bandung sendiri sekarang menjadi salah satu wisata pilihan bagi para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara. Tiket masuknya yang tergolong murah, menjadikan obyek wisata ini selalu di padati oleh wisatawan, biasanya pada sabtu-minggu. Lokasi ini di padati oleh pengunjung.
Rata-rata pengunjung yang datang berasal dari wilayah sekitar Bandung, banyak kegiatan yang bisa di sini. antara lain, menikmati panorama sekitar, bermain sepeda,naik kuda, layang-layang, ataupun berolahraga. Luas taman Gedung sate serta pemandangan yang cukup segar di lihat mata. mampu mengurangi kepenatan selama bekerja. Gak rugi deh datang ke Gedung sate.Buat sekedar foto-foto juga bagus. Tapi info buat kamu, kalo ke Gedung sate siang hari, bawa topi atau payung yah, panas banget udaranya tapi alangkah baiknya jika datang di pagi hari karena disana banyak sekali ada pedagang kaki lima dan murah – murah lagi.Buruan dech..keburu abis..! Met liburan ya….
Sekilas Mengenai Bandung
Kata Pepatah, Tak kenal maka tak sayang.Malu bertanya sesat di jalan dech. Nah buat kalian yang mau tau tentang serba-serbikota Bandung, disini kalian bisa menemukan banyak hal tentang Bandung,mulai dari Sejarah Bandung, Sosial, Ekonomi, Budaya Bandung. Gak lupa ada juga makanan khas dan objek-objek wisata yang bisa kalian ketahui tentang Bandung.
Kota Bandung merupakan Ibu kota negara Indonesia, Bandung memiiki status yang setingkat dengan provinsi. Terletak di Pulau Jawa. Kalo kalian ingin masuk ke Bandung, ada pintu masuk yang menghubungkan, yaitu bisa lewat Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) atau bisa juga melalui Pelabuhan Tanjung Priok.
Sejarah Bandung
Kota Bandung yang kita kenal sering disebut dengan nama kota Bendungan karena terletak di pelabuhan Tangkuban Perahu, dimana gua perahu disebut dengan “Perahu Bandung “di resmikan oleh Ira.Kusuma Dua.Kota Bandung sering sekali berganti nama dari Parisvanjava menjadi kota India Belanda dimana telah terjadi konferensi Asia Afrika (1959) dengan anti kolonialisme.Pada masa kerajaan Padjajaran (1488) dimana pada tahun 1799 VOC mengalami kebangkrutan sehingga sekarang kekuasaan kota Bandung berada di bawah seorang Bupati Ira.Kusuma Dua.
Nah sampe akhirnya sekarang menjadi Kota Bandung.Usia kota Bandung tidak muda lagi, Namun, perubahan-perubahan yang terjadi dalam kurun waktu hamper 500tahun. Sebagian berdampak positif sebagian negatif.Sebagai generasi penerus, ada baiknya kalau kita melestarikan Kota Bandung itu sendiri. Nah, segitu dulu mengenai kota Bandung.Jika ingin mengetahui lebih jelasnya lagi tentang sejarahnya langsung saja langsung ke kota Bandung.nggak nyesel dech…!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar